bangun ruang sisi lengkung kelas IX


hallo teman-teman penyuka matematika,, kali ini kita akan menjelaskan materi matematika untuk kelas iX yang menjelaskn mengenai bangun ruang sisi lengkung. didalam materi ini terdapat beberapa contoh penerapannya disertai dengan beberapa contoh soal, untuk mempermudah para teman-teman sekalian mempelajarinya. so tetap semangat untuk belajara matematika yaaaa...!!!!

contoh bangun ruang sisi lengkung

BANGUN RUANG SISI LENGKUNG adalah kelompok bangun ruang yang memiliki bagian-bagian yang berbentuk lengkungan. biasanya bangun ruang sisi lengkung ini memiliki selimut ataupun permukaan bidang. beberapa contoh yang termasuk dalam kategori bangun ruang sisi lengkung ini adalah tabung, kerucut, dan bola. berikut ini merupakan penjelasan dari beberapa contoh bangun ruang sisi lengkung tersebut!

1. TABUNG
Tabung merupakan sebuah bangun ruang yang dibatasi oleh dua buah bidang yang berbentuk lingkaran pada bagian atas dan bawahnya. keduan lingkaran tersebut memiliki ukuran sama besar serta kedua lingkaran tersebut kongruen. kedua lingkaran tersebut berhadapan sejajar dan dihubungkan oleh sebuah garis lurus.

tabung dalam bangun ruang sisi lengkung

Karakteristik unsur-unsur Tabung :
1. memiliki sisi alas dan sisi atas
2. memiliki titik pusat lingkaran (P1=P2)
3. memiliki jari-jari dan diameter. jari -jari (P1A=P1B=P2C=P2D) dan diameter (AB=CD)
4. memiliki tinggi tabung (P1P2=AD=BC)
5. serta memiliki selimut tabung

rumus luas permukaan tabung

2. KERUCUT
Kerucut merupakan sebuah bangunan ruang yang memiliki alas berbentuk lingkaran dan dibatasi oleh garis-garis pelukis yang mengelilinginya dan membentuk sebuah garis puncak. salah satu contoh dari kerucut adalah topi pesta ulang tahun untuk anak-anak.

contoh gambar kerucut

Karakteristik unsur-unsur Kerucut:
1. memiliki Bidang alas
2. memiliki titik pusat lingkaran (o) dan titik pusat/puncak kerucut (c)
3. memiliki jari-jari dan diameter. jari -jari (OA=OB=r) dan diameter (AB=d)
4. memiliki tinggi kerucut (OC=t)
5. memiliki garis pelukis (BC=AC=s)
6. serta memiliki selimut kerucut

rumus luas permukaan kerucut

apabila diketahui jari-jari serta tinggi dari kedua bangun di bawah ini sama, maka berlaku :

rumus kerucut dan limas

3. BOLA
bola merupakan sebuah bangun ruang yang memiliki titik pusat dan membentuk titik-titik dengan jari-jari yang sama dan saling berbatasan

rumus luas permukaan bola

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

CONTOH SOAL :
1. suatu tabung tanpa tutup dengan jari-jari alas 5 cm dan tingginya 9 cm. berapakah luas tabung tanpa tutup tersebut ?
Jawab....


2. sebuah tanki berbentuk taung tertutup mempunyai volume 2.156 cm3. jika panjang tangki 14 cm, maka luas permukaan tangki tersebut adalah?
Jawab....


3. sebuah kerucut memiliki jari-jari alas 8 cm dan tingginya 15 cm. jika π = 3,14, maka berapakah volume kerucut tersebut?
Jawab....


4. sebuah kerucut berada di dalam setengah bola. jika volume kerucut tersebut 8 liter, berapakah sisa volume setengah bola tersebut ?
Jawab....


5. luas permukaan sebuah bola yang berdiameter 14 cm dan π = 22/7 adalah?
Jawab....



dan apabila kalian membutuhkan berkas materi pembelajaran ini, kalian bisa mengunduhnya dengan mengklik tautan di bawah ini.

UNDUH DI SINI

Terimakasih telah membaca materi tentang bangun ruang sisi lengkung kelas ix di blog ini. mohon bantuannya mengenai kritik dan saran dengan cara mengisi kolom komentar yang berada di bawah ini. tetap semangat dalam belajar dan keep fighting guys...
Previous
Next Post »