jawaban tugas barisan dan deret bilangan kelas IX

hay... teman-teman yang sedang belajar matematika. kali ini kami akan memposting beberapa contoh soal mengenai materi barisan dan deret bilangan disertai dengan cara penyelesaianya. semoga latihan contoh soal ini bisa bermanfaat dalam proses belajar kalian.

CONTOH SOAL KELAS IX
MATERI BARISAN DAN DERET BILANGAN

  1. Tentukan suku- suku dari bilangan- bilangan di bawah ini!
           a.Suku ke- 30 dari barisan bilangan 50, 56, 62, 68, ...

b. Suku ke- 8 dari barisan bilangan 6, 12, 24, 48, ..



2.   Tentukan suku ke -8 dan rumus suku ke- n dari barisan bilangan 1, 6, 11, 16 (karena menentukan suku ke-n sudah diberikan contoh pengerjaannya di soal no.1 kita langsung lanjut ke bahasan menentukan rumus suku ke-n saja)

3. Lengkapilah bagian-bagian yang kosong dalam pola bilangan di bawah ini:



4.   Pada papan catur di bawah terdapat 64 kotak. Kotak pertama diisi 6 butir beras, kotak kedua diisi 12 butir beras, kotak ketiga diisi 18 butir beras, demikian seterusnya setiap kali pengisian berselisih 6 butir. Hitunglah jumlah biji beras pada papan catur berikut!




5.   Tempat duduk gedung pertunjukan film diatur mulai dari baris depan ke belakang dengan banyak baris dibelakang lebih 4 kursi dari baris di depannya. Bila dalam gedung pertunjukan terdapat 15 baris kursi dan baris terdepan adalah 20 kursi, kapasitas gedung pertunjukan tersebut adalah .....


6. Jumlah n suku pertama suatu deret aritmatika dinyatakan dengan 
 Deret ke- 20 adalah .....



7. Jumlah tiga bilangan ganjila berturut-turut adalah 141. Tentukan jumlah bilangan terkecil dan terbesar adalah .....

Previous
Next Post »