Pengertian Bilangan Rasional Berpangkat bilangan Bulat Positif

ketika berada di kelas VIII Sekolah Menengah pertama, kamu pasti sudah mempelajari mengenai konsep Bilangan Rasional. untuk merefresh kembali ingatanmu mengenai konsep ini, maka kita harus memahami kembali mengenai definisi Bilangan Rasional.

Pengertian Bilangan Rasional Berpangkat bilangan Bulat Positif

Definisi bilangan rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentu a/b (di baca per), dengan a dan b merupakan bilangan bulat,  serta b ≠ 0 (bukan nol). salah satu contoh dari definisi bilangan rasional adalah 1/2, 2/4, -4/8, -5/9, -3/7, dan sebagainya. Definisi bilangan rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentu a/b (di baca per), dengan a dan b merupakan bilangan bulat,  serta b ≠ 0 (bukan nol). salah satu contoh dari definisi bilangan rasional adalah 1/2, 2/4, -4/8, -5/9, -3/7, dan sebagainya. 

terus... mengenai definisi bilangan rasional berpangkat bilangan bulat positif itu seperti apa?

terkadang dalam kehidupan sehari-hari, kita harus mengalikan beberapa contoh bilangan seperti berikut ini :
2 x 2
3 x 3 x 3
(-2) x (-2) x (-2) x (-2)
(1,2) x (1,2) x (1,2) x (1,2) x (1,2)

perkalian berulang diatas akan lebih sederhana  apaila ditulis dalam bentuk bilangan berpangkat, seperti berikut ini :

2 x 2 dapat ditulis 22 dan dibaca "dua pangkat dua"
3 x 3 x 3 dapat ditulis 33 dan dibaca "tiga pangkat tiga"
(-2) x (-2) x (-2) x (-2) dapat ditulis (-2)4 dan dibaca "negatif dua pangkat empat"
(1,2) x (1,2) x (1,2) x (1,2) x (1,2) dapat ditulis (1,2)5 dan dibaca "satu koma dua pangkat lima"

berdasarkan uraian tadi, dapat ditarik kesimpulang bahwa bilangan berpangkat merupakan bentuk sederhana dari perkalian berulang. penulisan perkalian berulang dalam bentuk bilangan berpangkat tersebut memperjelas definisi berikut ini. "jika a bilangan rasional dan n bilangan bulat positif maka perkalian berulang n fakor dari a ialah an".

pada definisi diatas ini. an disebut bilangan berpangkat dengan a sebagai bilangan pokok dan n sebagai pangkat (eksponen)

demikian artikel mengenai Bilangan Rasional Berpangkat bilangan Bulat Positif. kami memohon maaf jika terdapat kekeliruan dalam hal perhitungan yang salah maupun kesalahan penulisan.
regard
Previous
Next Post »