Pengertian Bilangan Irasional dan Bilangan Real

hay semua...
kali ini kita akan membahas mengenai materi tentang pengertian bilangan irasional dan bilangan real. jadi sebelum kita melanjutkan pembahasan materi ini, masih pada ingat tidak dengan materi pengertian bilangan rasional berpangkat bilangan bulat positif?
Pengertian Bilangan Irasional dan Bilangan Real

mari kita ulas kembali. definisi "bilangan rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk a/b, dengan a dan b adalah bilangan bulat serta b≠0."

nah kebalikan dari bilangan rasional ini adalah bilangan irasional. terus, apa sih pengertian dari bilangan irasional? untuk mempermudah memahami konsep bilangan irasional, sebaiknya kita perhatikan segitika siku-siku berikut ini.
berapakah panjang ac?
untuk mencari panjang ac, kita harus menggunakan rumus phytagoras. dengan rumus ini, maka diperoleh hasil:

AC = √(AB2 + BC2)
AC = √(12 + 12)
AC = √2
jadi, panjang AC adalah √2

sekrang mari kita perhatikan tentang bilangan √2 tersebut. jika kita mencoba untuk mencari hasil dari √2 dengan menggunakan kalkulator, maka hasilnya sama dengan 1,414213562.....

apakah bilangan √2 merupakan bilangan rasional?

untuk mengetahuinya, mari kita kembali ke definisi bilangan rasional. ternyata tidak ada nilai a dan b yang memenuhi syarat a/b=√2, dimana a dan b merupakan bilangan bulat dan b≠0.

jadi dapat disimpulkan bahwa, bilangan √2 merupakan bilangan bukan rasional (bilangan irasional)
dan gabungan dari himpunan bilangan rasional dan himpunan bilangan irasional merupakan himpunan bilangan real

Demikian artikel mengenai sifat pembagian bilangan berpangkat bilangan bulat positif. kami memohon maaf jika terdapat kekeliruan dalam hal perhitungan yang salah maupun kesalahan penulisan.
Previous
Next Post »