Pengertian Bilangan Berpangkat Nol

hay semuanya,,, 
jika materi sebelumnya kita membahas mengenai materi tentang bilangan berpangkat negatif, maka pada materi kali ini, kita akan membahas mengenai materi pengertian bilangan berpangkat nol. nah seperti apa sih, bilangan berpangkat nol tersebut? mari kita lihat beberapa contoh bilangan berpangkat nol berikut ini.
20
50
70
40
30

Pengertian Bilangan Berpangkat Nol

konsep dari bilangan berpangkat nol adalah a0 = 1, dengan a merupakan bilangan rasional dan a ≠ 0. jadi, berapapun bilangan itu apabila dipangkatkan dengan bilangan nol maka hasilnya akan bernilai 1 (satu), kecuali bilangan nol dipangkatkan nol.

lah kok bisa a0 = 1, dengan a≠0 ??? yuk kita cermati perhitungan berikut ini.

kalian masih ingat dengan pembagian bilangan berpangkat? dimana, am/an = am-n , dengan  bilangan rasional, m dan n adalah bilangan bulat, m≠0, n≠,0, serta m≠n.
sekarang kita amati sifat tersebut untuk m=n.

sebagai contoh :
a3/a3 = a3-3 =a0 ...... (1)

sekarang kita masukkan ke dalam bentuk faktor-faktornya, sehingga pembagian tersebut menjadi :
a3/a3 = (a x a x a) / (a x a x a) = 1 ...... (2)

nah pembuktian ini sudah cukup membuktikan bahwa, berapapun bilangan berpangkat nol akan bernilai satu (1) kecuali bilangan nol pangkat nol.

Demikian artikel mengenai sifat pembagian bilangan berpangkat bilangan bulat positif. kami memohon maaf jika terdapat kekeliruan dalam hal perhitungan yang salah maupun kesalahan penulisan.
Previous
Next Post »