syarat dua segitiga sebangun

hallo semuanya... apakabar?
pada postingan sebelumnya kita telah mempelajari mengenai pengertian kesebangunan pada bangun datar. nah kali ini, kita akan melanjutkan pembelejaran tentang kesebangunan pada bangun datar, namun pada bangun datar yang berbentuk segitiga. hmm.. kira-kira, apa saja sih syarat dua buah bangun segitiga bisa dikatakan sebangun?

syarat dua segitiga sebangun

untuk menentukan kedua bentuk segitiga sebangun, kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang sifat dua segitiga sebangun. sifat-sifat tersebut diantaranya:
> sudut-sudut yang bersesuaian sama besar
> sisi-sisi yang bersesuaian sebanding

untuk mempermudah memahami dua segitiga sebangun, mari kita simak ilustrasi gambar di bawah ini.

syarat dua segitiga sebangun

jika kita simak pada gambar di atas ini, maka kita akan menemukan dua buah segitiga yaitu segitiga ABC dan DEF. dari kedua segitiga tersebut,setelah dilakukan pengukuran, maka diperoleh hasil sebagai berikut.
AB/DE = BC/EF = AC/DF,
sedangkan untuk sudut dari kedua bangun segitiga tersebut, diperoleh hasil sebagai berikut.
∠BAC = ∠EDF, ∠ABC = ∠DEF, dan ∠ACB = ∠DFE

nah, berdasarkan uraian yang telah kita lakukan. kedua bangun segitiga ABC dan DEF di atas ini, telah memenuhi syarat segitiga sebangun. dimana, sisi-sisi yang bersesuaian sebanding atau sudut-sudut yang bersesuaian sama besar.

untuk lebih memahami materi tentang syarat dua segitiga sebangun ini, mari kita coba mengerjakan beberapa contoh soal di bawah ini!

contoh soal 1.
buktikan bahwa dua bangun segitiga di bawah ini sebangun.

syarat dua segitiga sebangun

penyelesaian:
untuk mengetahui apakah kedua bangun segitiga tersebut sebangun, kita harus mencari terlebih dahulu semua sisi dari segitiga diatas. untuk mencari sisi pada bangun segitaga siku-siku, kita bisa menggunakan teorema Pythagoras.
BC = √(AB2 + AC2
BC = √(62 + 82
BC = √(36 + 64)
BC = √100
BC = 10
setelah kita mengetahui semua sisi dari kedua bangun segitiga di atas, sekarang kita mencari perbandingan sisi-sisi yang bersesuaian.
AB/DE = 6/3 = 2
BC/EF = 8/4 = 2
AC/DF = 10/5 = 2
Karena sisi-sisi yang besesuaian memiliki perbandingan yang sama maka segitiga ABC sebangun dengan segitiga DEF.

contoh soal 2.
apakah kedua bangun segitiga di bawah ini sebangun?

syarat dua segitiga sebangun

penyelesaian:
salah satu syarat untuk menentukan dua segitiga sebangun adalah sudut-sudut yang bersesuaian sama besar. sehingga, kita harus membandingkan terlebih dahulu sudut dari kedua segitiga tersbut.
dari gambar di atas, dapat kita ketahui bahwa:
∠A = ∠K = 70°
∠B = ∠L = 60°
∠C = ∠M = 50°
karena kedua segitiga tersebut memiliki sudut yang bersesuaian sama besar, maka kedua bangun segitiga ABC dan segitiga KLM sebangun.

Demikian artikel mengenai syarat dua segitaga sebangun. kami memohon maaf jika terdapat kekeliruan dalam hal perhitungan yang salah maupun kesalahan penulisan.

untuk mengukur kemampuan kalian dalam materi syarat dua segitaga sebangun ini, cobalah kalian kerjakan soal-soal tentang syarat dua segitaga sebangun dibawah ini.
kumpulan soal-soal materi tentang syarat dua segitaga sebangun

materi selanjutnya
perbandingan ruas segitiga sebangun
Previous
Next Post »